Pesawat Pengangkut Bantuan Covid-19 Jatuh Di Bardale, 6 Kru Pesawat Tewas

Pesawat Pengangkut Bantuan Covid-19 Jatuh Di Bardale, 6 Kru Pesawat Tewas

Pada hari Senin tepatnya 4 Mei 2020 telah terjadi insiden pesawat jatuh di Kota Bardale Somalia dan menewaskan sebanyak 6 orang. Pesawat tersebut merupakan armada yang membawa pasokan bantuan untuk virus  corona.

Hal ini dibenarkan oleh Menteri Trasportasi Somalia Mohammed Salad, bahwa terdapat 6 korabn yang meninggal dengan perincian pilot, copilot, pilot trainee, ahli penerbangan dan dua orang staf maskpai pesawat. Adapun penyebab jatuhnya pesawat ini masih menteri trasportasi tersebut tidak ingin berspekulasi lebih jauh, sehingga akan dilakukan penyelidikan lanjut yang dilakukan oleh tim

Selain itu dilansir dari Reuters, Abdiarashid Abdullahi Mohammed selaku mantan menteri pertahanan telah mendapatkan informasi dari seorang saksi. Saksi lapangan tersebut mengatakan bahwa pesawat tersebut jatuh karena ditembak. Pesawat juga sempat akan mendarat namun gagal karena di lapangan udara terdapat beberapa hewan liar, sehingga pesawat kembali naik.

Pada saat pesawat melakukan percobaan pendaratan kedua, saat itulah kemudian muncul serangan berupa tembakan-tembakan. Yang mana salah satu tembakan tersebut berhasil mengenai salah satu dari sayap pesawat, lalu kemudian pesawat jatuh.

Abirashid juga menunjukkan foto terkait bangkai pesawat yang terbakar dn juga daftar namadari ke enam penumpang yang tewas dalam kebakaran pesawat.

Sedangkan laporan terbaru berdasarkan dari Kantor berita Somalia mengungkapkan bahwa pesawat tersebut adalah milik dari maskapai African Airways yang tengah digunakan sebagai armada pengangkut peralatan kesehatan untuk penanganan wabah pandemic virus corona yang menyebar di Somalia.

Hal ini diungkapkan oleh agensi melalui situs web, “Pesawat ini merupakan salah satu pesawat African (Rxpress) Airways yang berasal dari Mogadishu. Pesawat ini terbang  menuju kota Baidona dan kemudian melanjutkan penerbangan ke Kota Bardale. Di mana ketika akan mendarat pesawat tersebut jatuh. Namun untuk penyebab mengapa pesawat tersebut jatuh masih belum jelas.”

Para kelompok pemberontak Somalia sendiri, yakni Al Shabaab diketahui sering berada di daerah tempat pesawat tersebut jatuh, meskipun lapangan udara dan Kota Bardale dijaga oleh pasukan Somalia dan Ethiopia.